PEMENANG SEJATI APABILA AKRAB DENGAN KITAB SUCI

Bagikan:

Oleh: Fransisca Setyatun*

Pemandangan tidak biasa terlihat di kompleks sekolah Fransiskus I Tanjungkarang. Siswa SD dan SMP tetap masuk sekolah. Siswa dengan pakaian bebas, menenteng bawaan beragam memasuki gerbang sekolah. Di beberapa sudut ruang siswa Katolik yang wajib hadir hari ini bertekun membaca Kitab Suci dan mendendangkan mazmur. Mereka hadir untuk mengikuti kegiatan BKSN, yang dimeriahkan dengan aneka lomba yang erat dengan kitab suci, yaitu lomba Lektor, Mazmur, Bertutur, dan Kuis Kitab Suci.

Koordinator kegiatan Paulina Rahayu Setyaningrum, S.Pd. (Ibu Paul) dengan tim kerjanya yang solid mempersiapkan segala sesuatu dengan sangat baik. Dari persiapan administrasi yang rapi,  konsumsi, penyediaan hadiah, sampai ruangan lomba semua tampak sempurna. Mas David dan tim sebagai penanggung jawab dekorasi sudah menyulap ruangan lomba menjadi cantik dengan dekorasi yang meriah sangat membantu membangun suasana lomba. Tak kalah sigap Tim SABAT mengawal kegiatan ibadat pembuka secara live streaming dan mendokumentasikan seluruh kegiatan untuk dikemas apik melalui kanal YouTube SMP Fransiskus.

Menggandeng Romo Alexander Pambudi, SCJ, Ketua Komsos Keuskupan Tanjungkarang, untuk menguatkan dan memberi siraman rohani kepada para siswa.  Mengajak orang muda untuk bergembira, bersemangat, dan menyediakan dirinya menjadi pekerja Tuhan menjadi kekhasan sapaan Romo Alex. Lagu rancak yang dinyanyikan dengan semangat mengawali ibadat pembuka dengan sukacita.

Romo Alex mengajak para siswa untuk membuka diri dengan penuh semangat dan penghayatan untuk Tuhan hadir melalu sabda. Melalui Nabi Amos kita diingatkan kembali untuk kembali berharap kepada Allah. Selama Pandemi  meskipun mulai menurun, masih menyisakan banyak tantangan yang harus dihadapi dari perubahan yang terjadi.

Melalui kegiatan BKSN Gereja memberi kesempatan untuk kita semua membaca Kitab Suci, maka baik kalau kesempatan ini digunakan untuk membuka dan membaca Kitab Suci di tengah-tengah kesibukan harian. Tema yang ditawarkan dalam BKSN, Allah adalah sumber harapan, mengajak umat Katolik untuk tidak berhenti berharap akan kasih Allah yang selalu menyertai umat-Nya dalam segala situasi dan kondisi.

Dalam Amos 5: 4-6 disebutada tiga tempat istimewa, yaitu Bethel tempat Yakub bermimpi melihat Allah, Gilgal tempat pertemuan bangsa Israel setelah perjalanan menyeberangi Sungai Yordan, dan Bersyeba yang adalah tempat di mana Abraham tinggal. Tempat suci itu telah dialihfungsikan oleh bangsa Israel, mereka menggantinya dengan berhala.

Kahadiran Amos yang hadir “menemani” bangsa Israel juga mengingatkan kita akan Allah yang selalu menemani kita di masa-masa sulit hidup, khususnya selama pandemi. Dia setia meskipun kita seringkali tidak setia. Allah juga setia menemani para siswa melalui kehadiran orang tua, guru, sekolah yang terus berjuang memberikan yang terbaik bagi mereka.

Romo Alex juga kembali mengingatkan bahwa pendidikan yang diterima adalah kesempatan terbaik untuk semakin mengembangkan dan menningkatkan kapasitas diri. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan seperti ini, maka Romo mengajak supaya para siswa menggunakannya dengan baik kesempatan berahmat ini.  Ibadat singkat yang mengesan bagi para siswa, apalagi setelah  penutup, Romo Alex langsung berbaur bernyanyi dan menari bersama para siswa dan guru.

Setelah istirahat sejenak, siswa masuk ke tempat lomba masing-masing didampingi para guru dan juri. Suasana lomba yang seru di masing-masing ruang menjadi pengalaman berharga bagi siswa katolik, hingga saat pengumuman pemenang digelar kembali di aula.

Berikut daftar pemenang lomba BKSN 2022:

No Jenis Lomba Peringkat Nama Kelas
1. Kuis Kitab Suci Kelas VII I Gregorius Raditya Wikrama 7B
II Chantal Maria Imanuela Kirana 7A
III Kynthia Leandra 7C
Kuis Kitab Suci Kelas VIII I Chatarina Gita Saraswati 8B
II Vinsensius Michael Lie 8C
III Nikolaus Kelvin Hadi Irawan 8C
Kuis Kitab Suci Kelas VIII I Beatrice Marbun 9B
II Laurensius Sandy 9B
III Laurine Vilvie Yovika 9C
2. Lomba Lektor I Gabriel Adristi 9A
II Felicita Gera Marceline 8A
III Elisabeth Haryani Perwita 9D
3. Lomba Mazmur I B. Bobby Martua Hutabarat 9D
II Gracia Michel Elvira Widianto 8B
III Monika Meli Anjani 8D
4. Lomba Bertutur Kitab Suci I Laurensia Beatrice Wibowo 8C
II B. Sasadara Gendis Sejuk Hati 8A
III Filumena Sekar Sulistya 9D

 

Dalam sambutannya, Kepala sekolah baru SMP Fransita, Sr.M. Anselina, FSGM,.M.Pd menyampaikan hal yang sangat penting bahwa kita diundang untuk semakin mencintai Kitab Suci. Sr. M. Anselina juga mengingatkan bahwa Kitab Suci adalah sumber penting untuk iman Katolik. Maka, jika orang Katolik mencintai Allah, maka dia akan membaca Kitab Suci.

Kepada siswa dan seluruh para pemenang lomba, Sr.M. Anselina  menegaskan bahwa pemenang sejati dalam lomba BKSN ini kalau semua menjadikan Kitab Suci sebagai bacaan favorit dan akrab dengan Kitab Suci. Itulah keseruan BKSN di Fransita, selamat kepada semua pemenang.***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Radio Suara Wajar (RSW)