Rumah Retret – LA VERNA

Alamat:

Pajaresuk – Padangbulan,
Kotak Pos 4, Pringsewu 35373, Lampung
Telp.: 0729 21790, Fax.: 0729 – 21788

Padangbulan adalah sebuah desa berbukit dengan jarak 3 km dari pasar Pringsewu, lokasi Rumah Retret La Verna sekitar 500 meter dari jalan raya Tanjungkarang-Kota agung. Tempat ini cukup strategis dan indah Tanahnya ditumbuhi semak belukar mirip hutan kecil, jauh dari polusi. Panorama alam dari puncak bukit kecil ini dengan pandangan jarak jauh Nampak jajaaran bukit barisan diselingi lembah-lembah subur.

Pada tahun 1949 ketika tentara Belanda menduduki Lampung, Padangbulan digunakan sebagai tempat untuk mengungsi para suster dan seluruh asrama, pastoran, seminari. Untuk mengenang peristiwa itu, maka umat katolik Padangbulan beserta Dewan Paroki Pringsewu dengan persetujuan Bapa Uskup Tanjungkarang membangun Gua Maria sebagai tempat ziarah yang diberkati oleh Mgr. Andreas Henrisoesanta SCJ pada bulan Mei 1985. Di lokasi Gua Maria ini ada sebuah sumber yang tidak pernah kering. Sampai sekarang banyak pengunjung yang datang dari berbagai penjuru berziarah di tempat ini terutama dalam bulan-bulan Maria.

Rumah Retret LaVerna adalah tempat pengolahan hidup rohani (gladi rohani), tempat di mana orang  mengalami perjumpaan dengan Allah. LaVerna berada di puncak bukit Padangbulan yang sejuk, sekitar 3 km dari Pringsewu, Kab. Pringsewu, Lampung. Di sekitarnya terpelihara pemandangan alam yang asri, sederhana dan tertata apik. Keadaan alam yang mengundang jiwa untuk memuji dan memuliakan keagungan Tuhan Sang Pencipta. LaVerna berdampingan dengan tempat peziarahan umat Katolik, yaitu Gua Maria “Mariam Perempuan bagi Segala Bangsa”, dengan rute jalan Salib yang berada di bawah rindangnya rumpun bambu.

Bentuk-Bentuk Gladi Rohani Tim Rumah Retret La Verna:

  1. Retret ( Pribadi maupun Kelompok):

Untuk Para Imam, Biarawan-Biarawati, Pelajar-Mahasiswa, Pasutri, Kaum Muda, Misdinar, Remaja dan Komuni Pertama

  1. Rekoleksi:

Pengurus Dewan Pastoral Paroki / Stasi, Wanita Katolik, Santa Monika, Legio mariae, kaum Muda, Remaja, Misdinar, Kelompok Kategorial.

  1. Kaderisasi Rohani / character building

Pelajar / Mahasiswa; Kaum Muda; Remaja, Pendidik; Pendamping Bina Iman; Karyawan Muda; Kelompok kategorial.

  1. Pendampingan Peziarah
  2. Weekend Keluarga
  3. Pertemuan dan Seminar

Fasilitas :

  1. Kamar Tidur

Unit Antonius 56 bed; Unit Bernadus 49 bed dan 7 kamar (AC); St. Anna (AC) 11 kamar; Lembah Damai / Villa AC 5 kamar; Rumah Hijau / Villa AC 1 kamar; St. Honorius 4 kamar AC ( Pembimbing).

  1. Ruang dan fasilitas lain:
    2 Ruang Konferensi AC; 2 Ruang Doa/Kapel AC; 2 Ruang Makan/Refter; Gedung Serba Guna 500 0rang; Holly Garden (jalan salib, Gua Gratio); Perpustakaan.