Bagikan:

Perjumpaan. Kata yang mengandung makna mendalam. Apalagi perjumpaan itu diwarnai dengan iman, kasih, dan harapan.

Meski iman berbeda, namun memiliki kasih. Harapan. Sejalan. Membangun kehidupan yang damai. Rukun. Harmonis.

Berkunjung

Senin, 22 November 2022, di Aula St. Andreas Rasul Margo Agung, telah terjadi perjumpaan itu. Sebanyak 25 Mahasiswa Muslim dari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Di dampingi dosen favorit di kampus mereka, Dosen prodi Studi Agama-Agama dan Kepala Pusat Penelitian UIN Raden Intan Lampung, Dr. H. Sudarman, MA. Berkunjung. Bersilaturahmi dengan Komunitas Katolik: Orang Muda Katolik (OMK) Margo Agung dan Ormas Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), dikoordinir oleh Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (HAK) dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang, Rm. Philipus Suroyo Pr.

Ngobrol santai

Acara ini dikemas dalam suasana santai. Setelah acara perkenalan, para mahasiswa mengunjungi gedung gereja stasi St. Maria, Margo Lestari. Sekitar 15 menit dari Gereja Margo Agung.

Di dalam gedung gereja itu, Rm. Roy menjelaskan tentang ornamen dan simbul-simbul agama Katolik yang ada dalam gedung gereja itu. Termasuk 14 perhentian jalan salib. Sejarah gereja dijelaskan oleh salah seorang umat, penduduk asli Margo Lestari.

Usai berkunjung di gereja itu, mereka kembali ke aula Stasi Margo Agung. Banyak pertanyaan diajukan seputar hidup membiara dan kehidupan seorang imam.

Harapan Sama

Dosen favorit, H. Sudarman setiap tahun memiliki program. Ia mengajak mahasiswa-mahasiswanya bersilaturahmi semacam ini. Ia berharap, dalam diri generasi-generasi muda, tumbuh cinta perdamaian. Kerukunan. Menghargai sesama manusia. Maka, perjumpaan akan terus-menerus diusahakan. Berjumpa dan terus berjumpa… Berkolaborasi dalam gerakan kemanusiaan dan alam semesta.

Begitu pula mimpi yang dimiliki Rm. Philipus Suroyo Pr. Kepada generasi muda, ia banyak berharap untuk menjadi corong persaudaraan. Menyuarakan persaudaraan. Perdamaian. Ini pekerjaan rumah besar yang harus dikerjakan dengan kerja keras.

Di akhir kegiatan ini Rm. Roy Pr menyerahkan buku Dokumen Tentang Persaudaraan Manusia kepada H. Sudarman dan dua orang mahasiswa UIN.

Acara Ngopi Pay dan Bincang-bincang santai ini di sponsori oleh Roti Jhon’s, Kopi Kapal Api, ABC, dan Ayam Geprek. ***

M. Fransiska FSGM

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.