Vatican – Dalam rangka peringatan tahun ke lima eksiklik Laudato Si, Paus Fransiskus mengajak seluruh umat Katolik di seluruh dunia untuk mengadakan “Pekan Laudato Si”. Perayaan “Pekan Laudato Si” akan dilaksankan pada tanggal 16-24 Mei 2020.

Dalam video yang diunggah oleh Vatican news, Paus Fransiskus mengawali ajakannya dengan sebuah pertanyaan reflektif ‘dunia semacam apa yang hendak kita wariskan bagi generasi setelah kita, bagi anak-anak yang sedang bertumbuh?’. Atas pertanyaan itulah Paus Fransiskus mengajak seluruh umat untuk mengadakan ‘Pekan Laudati Si’. Inilah kampanye tentang perawatan rumah kita bersama yang diserukan oleh Paus Fransiskus.

Paus merasa sungguh sangat perlu dan sangat mendesak untuk segera mengadakan pertobatan ekologis. Paus mengatakan bahwa tangisan bumi dan tangisan orang miskin tak boleh dibiarkan terus menerus. Maka langkah konkret yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan keutuhan ciptaan Tuhan adalah dengan mencintai bumi. Pekan Laudato Si hendak mengajak kembali kepada semangat dan desakan itu untuk menghentikan krisis ekologis yang terjadi.

Barkaitan dengan itu, tahun ini merupakan tahun terakhir bagi Negara-negara untuk mengumumkan rencana mereka untuk mewujudkan kesapatan Paris, yang berisi tentang perjanjian iklim. PBB tahun ini juga akan mengadakan koferensi berkaitan dengan keanekaragaman hayati.

Apa yang bisa kita lakukan dalam Pekan Laudato Si itu? Kita bisa melihatnya secara lengkap dalam Laudato Si’ Week website. (sumber:www.vatican.va – ed.mrjo.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *