Bacaan: Matius 7:7-12

Hal pengabulan doa

Dalam kotbah di bukit, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya 7:7 “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 7:8 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. 7:9 Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, 7:10 atau memberi ular, jika ia meminta ikan? 7:11 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” 7:12 “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

 

Renungan

ASK

Tuhan punya banyak cara untuk membuatmu lebih dewasa. Walau kadang cara Tuhan belum tentu kamu suka. Doa yang belum terjawab, masalah datang bertubi-tubi, pasangan yang curiga melulu, orang tua yang marah-marah, anak yang nggak peduli, kerjaan yang menumpuk, patner yang menghianati, teman yang nyinyir dan menghujat.

Ribuan pengalaman luka itu kadang membuatmu sedih, kecewa, putus asa, sakit hati. Ingat jangan pernah salahkan Tuhan atas kejadian itu. Tuhan sendang mengujimu bukan membiarkan dan meninggalkanmu. Bukanya Tuhan tidak adil, tapi mungkin hati dan imanmu yang terlalu kecil.

Tuhan juga bukan tak mengabulkan doamu, tapi Tuhan sedang mempersipakan yang jauh lebih baik untukmu. Kalau hidupmu sekarang penuh kesulitan jangan salahkan Tuhan. Jalani dan maknai hidupmu dengan cinta, pengharapan, keyakinan dan iman.

Ingatlah tiga huruf ini A – S – K : Ask and it will be given to you. Seek and you will find. Knock and it will be opened to you.

Deo gratias. Edo/Rio.scj.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *