PW St. Bonaventura, Uskup dan Pujangga Gereja

Bacaan: Matius 10:34-11:1

Yesus membawa pemisahan Bagaimana mengikut Yesus

10:34 “Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. 10:35 Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, 10:36 dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya. 10:37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. 10:38 Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. 10:39 Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. 10:40 Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku. 10:41 Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar. 10:42 Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir sajapun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya.” 11:1 Setelah Yesus selesai berpesan kepada kedua belas murid-Nya, pergilah Ia dari sana untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.

Renungan

Dalam kehidupan nyata, sering kali terjadi ada seribu satu cara untuk menghentikan orang yang benar. Orang benar sering kali tidak disukai orang lain yang mau mencari keuntungan demi dirinya sendiri. Berbagai macam carai dilakukan supaya orang itu berbalik dari apa yang diyakininya benar dan mengikuti mereka yang tidak peduli kebenaran. Jika tidak teguh pada pendirian, ada banyak bentuk godaan yang bisa membuat orang benar menjadi berbalik arah.

Demikian menjadi pengikut Kristus, ada begitu banyak godaan agar kita menjauh dari pada-Nya. Iblis selalu menggoda manusia agar jauh dari pada-Nya. Orang yang mudah tergoda oleh iming-iming jasmani, akan dengan mudah meninggalkan Tuhan dan beralih dari pada-Nya.

Injil hari ini mengingatkan kita tentang komitmen menjadi murid. Fokus hanya kepada-Nya adalah satu-satunya kekuatan besar untuk dapat terus maju dan bertahan. Menyimpang dari pada-Nya akan membuat binasa dan kehancuran. Namun demikian, tidak serta merta mudah selalu focus pada-Nya. Orang-orang terdekat yang memusuhi sering kali menjadi godaan yang tidak tertahankan untuk menyimpang dari jalan-Nya. Ia memerintahkan kasih, namun ketika saudara memusuhi, belum tentu kita berani mengambil sikap yang tegas.

Hari ini kita diajak untuk mempunyai tekat bulat: mencintai-Nya lebih dari segala sesuatu. Bukan hal yang mudah dan enak, ada banyak tantangan dan resiko.

Pertanyaannya: jika kita tahu apa yang baik dan benar, apakah kita rela berdusta?

Doa: Tuhan, semoga kami mampu mencitai-Mu dengan sepenuhnya. Amin.

YDW

 

ALTERNATIF RENUNGAN HARIAN

HARI SENIN PEKAN BIASA XV TAHUN C/1.
Peringatan Wajib Santo Bonaventura, Uskup dan Pujangga Gereja.
Warna Liturgi : Putih.

Bacaan Pertama : Kel. 1:8-14,22
Mazmur Tanggapan : Mzm. 124:1-3,4-6,7-8. R: 8a.
Bait Pengantar Injil : Mat. 5:10.
Bacaan Injil : Mat. 10:34-11:1.
Bacaan Ofisi : 2Sam. 2:1-11;3:1-5.

■ *RESI, Senin 15Jul19* [Renungan Singkat] Dehonian bersama RP Yohanes Sigit Winarno SCJ dari Komunitas SCJ Tugumulyo, Indonesia.
_Audio Link_ : https://1drv.ms/u/s!Ap_h6oNm2s7-k1OFroOB4V-mwrn5?e=nXd4c8
■ *DAILY FRESH JUICE, Senin 15Jul19* – _Mencintai Allah lebih baik lagi_ – bersama dr. Benedicta W. Suryani, SpM dari Pangkalpinang.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1df_LrP2peXPk4pmuyN44ZM9Z6…/view…
■ *PELITA HATI, Senin 15Jul19* bersama RP Thomas Suratno SCJ dari Gereja St. Stefanus, Paroki Cilandak, Jakarta Selatan.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1dnb6TsaGlNkBaiv37v-HzfGnH…/view…
■ *SIRAMAN ROHANI, Senin 15Jul19* bersama RP Fredy Jehadin SVD di Seminari Tinggi Bomana, Keuskupan Agung Port Moresby, Papua New Guinea. – Tema : _*Kristus Adalah Penyelamat Kita Dan Dalam Dia Tidak Ada Yang Hilang*_
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1dknnyIEKgbg-VarCvpwH4weH_…/view…
■ *PANGLIMBANG LIMANG MENIT* – Audio Renungan Harian Bahasa Jawa – *Senin 15Jul19* – bersama Bruder Antonius Mungsi O.Carm. dari Malang.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1dnu194_Su5Hao05eh_QdhP9qq…/view…
■ *Bacaan Injil dengan tembang Bahasa Jawa* ~ PIWULANG SANG GURU SEJATI ING TEMBANG MACAPAT PUPUH POCUNG – Waosan Dinten Senin Legi, 15 Juli 2019 – Pengetan St. Bonaventura, Uskup lan Pujangga
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1dphvjTAAtXY8ObVSkJlgueuOg…/view…
■ *SABDA KASIH* – Renungan Harian Katolik – *Senin 15Jul19* bersama RP GobinDD SVD dari Filipina ~ *KEHENDAK TUHAN ADALAH PRIORITAS HIDUP KITA!*
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1dr5aS-O-6adrCHU0SNCMAmhxO…/view…
■ *LA PORTA – Siaran Harian Rohani* – *Senin 15Jul19* – _PEDANG ROHANI_ – bersama RP Peter Tukan SDB – Wisma Salesian Don Bosco, Sunter Jaya, Jakarta Utara.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1e-CLG3y-zbZaz2GTaZd-OYf49…/view…
■ *LA PORTA – English Version* – Reading and Meditation on the Word of God – *Monday of the 15th week of ordinary time, July 15, 2019* – Memorial of Saint Bonaventure, Bishop and Doctor of the Church – Theme: _SPIRITUAL SWORD_ ~ By Father Peter Tukan SDB.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1e-xtAOw7W0OH2x5ICG7uuYaPF…/view…
■ *MUTIARA PAGI, Senin 15Jul19* bersama RP Agustinus Malo CSsR dari Waingapu, Sumba, Nusa Tenggara Timur, Keuskupan Weetebula.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1e1Gh1tGJysT9jNaXG1p-lUlEQ…/view…
■ *RENUNGAN HARIAN, Senin 15Jul19* bersama RD Antonius Suhardi Antara dari Gereja Ibu Teresa, Paroki Cikarang – Keuskupan Agung Jakarta.
_Audio Link_ : https://1drv.ms/u/s!AntJWNCMXC3Wj1rcDJNTue9a8DO5?e=SatHUT
■ *DAILY REFLECTION* – Refleksi Harian dari *LUMEN 2000 INDONESIA* – Senin 15Jul19 – Title : _*IA TIDAK LAYAK BAGIKU*_.
_Audio ini juga disiarkan melalui lebih dari 50 stasiun radio di Indonesia_.
_Audio Link_ : https://lumen2000.org/daily-reflection
■ *SEROJA – Renungan Harian Senin 15Jul19* – SEhat ROhani JAsmani bersama RD Antonius Garbito Pamboaji dari Paroki St. Fransiskus Asisi, Sukasari, Keuskupan Bogor.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1e3TWdNBpRbIJbwI15urOTIIk1…/view…
■ *RELUNG KASIH PAGI, Senin 15Jul19* – bersama RP Martinus Gunawan Wibisono O.Carm. dari Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara, Keuskupan Agung Medan – Tema : _IKUT YESUS_.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1eTqeftx1H2fcRUCN4ZjRaiKyM…/view…
■ *KEHENINGAN KARMEL* – *Renungan Harian Senin 15Juli 2019* – bersama Hubertus Suprashartono, T.O.Carm. – _Anggota Ordo Karmel III_.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1eVWHB5t8k45ACQj4UWb3Nl3w0…/view…
■ *KUPI ROHANI* , Renungan Keuskupan Keningau, Sabah, Malaysia. – *Isnin 15Jul19*
Oleh : Puan Stella Kinsik – St Frances Cabrini.
Tajuk : _*Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang*_.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1eVaMqK37xTxW3CeF0kZv8MsHE…/view…
■ *SSL – Siraman Sabda Ledalero, Senin 15Jul19* – Senandung Ucap dari Seminari Tinggi Santo Paulus di Ledalero, NTT.
_Audio Link_ : https://drive.google.com/…/1eW7ypPtsu6yw7Hcwm9ReV8eUe…/view…
■ Audio Visual – _*DAILY BIBLE READINGS*_ ~ Bacaan Harian Dalam Bahasa Inggris – *Senin / Monday 15 Juli 2019 of CATHOLIC MASS*.
_Audio Visual Link_ : https://youtu.be/pUlOd11NWKs
■ *CAFE ROHANI* – Senin 15Juli 2019 – Disajikan oleh *_Karmel Media Malang*_.
_Video Link_ : https://youtu.be/flD45tCHjCs
[ Anda juga dapat mendengarkannya di radio.karmelindomedia.com ] ■ *CAHAYA IMAN KATOLIK* – Renungan Harian Senin 15 Juli 2019 – Kalender Liturgi Gereja: Peringatan Wajib Santo Bonaventura, Uskup dan Pujangga Gereja – Kel. 1:8-14,22 ; Mat. 10:34-11:1.
_Video Link_ : https://youtu.be/aHAujiVq9M4
■ *Senin 15 Juli 2019 – VIDEO RENUNGAN HARIAN* Gereja Maria Bunda Karmel, Paroki Tomang, Jakarta bersama RP Andreas Dedy Purnawan P. O.Carm.
_Video Link_ : https://youtu.be/8y-UOjkX7R0
■ *HIDUP TV* mempersembahkan :
*OASE ROHANI KATOLIK* – Edisi Tanggal *15 Juli 2019* – bersama RM. SUSILO NUGROHO, CP dan ANGELICA LUCYANA
Bacaan Liturgi Senin 15 Juli 2019 :
Bacaan Pertama dari KELUARAN (1:8-14,22).
Bacaan Injil MATIUS (10:34-11:1).
_VIDEO LINK_ : https://youtu.be/-YdFswCnpoI
■ *Renungan Harian KOMSOS KEUSKUPAN PADANG* – _*Senin 15 Juli 2019*_.
_Video Link_ : https://youtu.be/k5u_6YjLCm4
■ *SANTAPAN JIWAKU* bersama RP Elpidus Kristian Surya OAD ~ Biara OAD, Cisarua, Lembang, Keuskupan Bandung – _*Senin 15 Juli 2019*_ – ALLAH YANG PERTAMA DAN UTAMA.
_Video Link_ : https://youtu.be/IA616pflHgg

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *