Minggu Panggilan, Stasi Wawasan, Tanjung Bintang

Minggu Panggilan, Stasi Wawasan, Tanjung Bintang
Bagikan:

Hari Minggu Panggilan, 8 Mei 2022, di Stasi Wawasan, Tanjung Bintang, Unit Pastoral St. Paulus Jati Baru. Suasana berbeda di pagi itu.

Sekitar pukul 08.30 WIB beberapa umat sudah ada yang datang. Bapak-ibu membawa anak-anaknya untuk mengikuti Perayaan Ekaristi Hari Minggu Panggilan. Anak-anak mengenakan pakaian beraneka ragam profesi. Ada yang memakai jubah suster, pastor, polisi, dokter, pemadam kebakaran, dll.

 

Beberapa orangtua sibuk menggantikan pakaian anaknya karena pakaian yang sudah mereka pakai itu, tidak berkenan di hatinya. “Saya mau memakai pakaian polisi seperti Abang, Pak,” kata seorang anak merajuk kepada bapaknya. Mau tidak mau sang ibu menuruti keinginan anaknya itu. Tetapi ada juga anak yang menurut kehendak orangtuanya dengan mengenakan pakaian koki (juru masak) meski ia sebenarnya ingin memakai pakaian TNI AL.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Rm. Markus Sumantri Pr. Perayaan Hari Minggu Panggilan ke 59 ini bertema Dipanggil Menjadi Sahabat Seperjalanan. Maka, dalam homilinya, Rm. M. Sumantri mengajak kita semua dalam hidup sehari-hari untuk saling membantu, siapa pun orang itu. Dengan melakukan hal-hal baik, kita akan membawa orang lain kepada Tuhan, tambah Rm. Sumantri.

Rm, Sumantri juga menekankan akan pentingnya panggilan menjadi imam dan biarawan, biarawati. Ia mnegajak agar para orangtua mendukung dan mendoakan anaknya. Selain itu, menanamkan kebaikan dalam diri mereka.

Momen Hari Minggu Panggilan ini dihadiri tiga kongregasi yakni: HK, CB, dan FSGM.

Usai misa anak-anak dikumpulkan di halaman gereja dengan menggelar tikar. Setiap kongregasi diberi waktu sekitar 30-45 menit untuk memperkenalkan kongregasinya. Tiga kongregasi ini memiliki caranya masing-masing dalam berdinamika dan menyajikan tarian.

Wajah-wajah ceria dan suasana gembira mewarnai acara itu. Anak-anak berjumlah sekitar 120 orang ini bersama para pemimbing Bina Iman Anak, mengikuti acara hingga selesai.

Acara ditutup dengan lomba mewarnai, yang dibagi dalam tiga kelompok. Yakni, usia 5-6 tahun, 7-10 tahun, dan 11-12 tahun. ***

 

Sr. M. Fransiska FSGM   

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Radio Suara Wajar (RSW)