Tak terasa Radio Suara Wajar (RSW) 96,8 FM menginjak usia ke-49. Mengudara. Menemani hari-hari para pendengar di Bumi Ruwai Jurai.

Masa pandemi masih berlangsung. Meski begitu, sebagai ungkapan syukur, dibentuk tim kecil di bawah koordinator KOMSOS Keuskupan Tanjungkarang. Diadakan acara ‘kecil-kecilan’ di ruang studio. Disiarkan secara live di Kanal Youtube Komsos Keuskupan Tanjungkarang.

Acaranya sederhana. Tersaji dengan menarik. Berupa Talkshow dan Live Musik dari Band Bla Bla Musik. Dua menu acara ini merangkai pesta Hari Ulang Tahun Radio Suara Wajar, Minggu, 25 Oktober 2021.

Hadir sebagai narasumber talkshow adalah para penyiar handal Radio Suara Wajar. Yakni: Direktur RSW, Rm. Kornelius Anjarsi Pr. Penyiar Program Katekese Udara RSW, Frans de Sales Widodo. Penyiar Proram Campursari dan Keroncong / Langgam Jawa, Mas Loys (Mbah Gaul). A. Sherly Gofar, Penyiar Serasi dan Dunia Kerja Dunia Karir. Cucu Lukman, Host Program Pastoral Keluarga, Penyiar Program Harmoni Anak-anak, serta Program info dan lagu-lagu Mandarin.

Rasa Memiliki

Hari-hari karya pelayanan Radio Suara Wajar ini diwarnai suka dan duka. Para kru RSW berusaha memberikan yang terbaik bagi para pendengar. Berupa informasi, edukasi, dan hiburan berupa lagu-lagu lawas, keroncong, dan pop.

Ada juga program penambah dan penguat iman Katolik. Seperti: Nuansa Iman, Katekese, Pastoral Keluarga, Dokumen Gereja, Pastoral Gereja dll. Yang tentunya didampingi seorang hirarki. Pastor.

Suatu kegembiraan tersendiri. Banyak orang ikut terlibat di Radio Katolik yang satu ini. Semua karena rasa ‘memiliki’. Berbagai bentuk cinta  dipersembahkan. Entah itu waktu. Tenaga. Finansial. Yang tak pernah dihitung-hitung. Meski kelihatannya hanya sekedar main di RSW. Tetapi di balik itu, karena ada ikatan batin. Ada rasa sayang dan kasih pada Radio Suara Wajar ini.

Tantangan

Zaman yang semakin canggih menuntut media radio ini untuk terus bebenah diri. Menyesuaikan zaman di era digital. Membutuhkan orang-orang yang sungguh memahami dunia komunikasi khususnya di bidang broadcasting. Selain itu, finansial yang tentunya untuk pengembangan di sana-sini dan biaya operasional.

Akankah karya pelayanan media Radio Suara Wajar akan tetap eksis? Menjadi sebuah pertanyaan refleksi. Butuh aksi. Syukurlah sampai saat ini RSW memiliki para penyiar yang handal. Setia. Yang masing-masing memiliki suara dan gaya yang khas saat menyapa para pendengarnya. Itu yang membuat rindu para pendengar.

Selain itu, sajian program-program unggulan RSW, menjadi rajutan relasi yang baik dengan masyarakat. Seperti: Program pendidikan, Budaya Lampung, Serasi, Campur Sari dan Langgam Jawa.

Sejuta harapan

Di usia yang ke-49 ini RSW memiliki sejuta doa dan harapan ke depan. Meraih mimpi untuk tetap eksis mengudara. Ingin selalu ada di hati para pendengar. Memberi informasi yang cepat. Akurat. Terpercaya. Dan, menjadikan bangsa yang cerdas bagi Gereja dan masyarakat.

Selamat Ulang Tahun Radio Suara Wajar. Selamat berkarya mewartakan kasih Allah bagi dunia. Tetaplah mengudara. Pecintamu akan selalu merindu. Satu Suara, Berjuta Telinga!. ***

 Fransiska FSGM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *