12 Tenaga Kesehatan Dikerahkan Pada Acara Tahbisan Uskup Keuskupan Tanjungkarang

KEUSKUPANTANJUNGKARANG.ORG, BANDARLAMPUNG — Mengantisipasi situasi selama rangkaian Tahbisan Uskup yang melibatkan ribuan orang undangan, panitia penyelenggara menyediakan posko kesehatan yang terdiri dari para dokter dan tenaga paramedis. Juga disediakan dua buah ambulan untuk darurat. Koordinator tim kesehatan adalah Dr. Astuti dan koordinator tim emergency Sr. Rita HK.

“Tim kesehatan ada 12 orang terdiri dari ada lima dokter, dan selebihnya tenaga paramedi. Selain itu, untuk berjaga-jaga kita dibantu satu ambulans dan tim emergency dari Rumah sakit Santa Ana dan satu ambulans bantuan dari Polda Lampung,” jelas Dr Astuti, koordinator seksi kesehatan.

Tim kesehatan ini standby di posko kesehatan mulai dari penyelenggaraan Vesper Agung hari Minggu 30 April 2023 sampai selesainya kegiatan Tahbisan pada 1 Mei 2023. Direncanakan mereka akan tetap melayani para tamu yang Membutuhkan hingga pukul 21.00 WIB saat acara ramah tamah selesai.

“Di posko kesehatan ini obat-obat yang kami sediakan ada obat-obat emergency untuk mengatasi kalau misalnya ada yang nyeri dada, ada yang gatal, ada yang luka bakar dan sebagainya. Ya obat-obat standar untuk pertolongan pertama,” ungkap Dr. Astuti.

Disediakan juga tempat tidur jika ada yang butuh berbaring, bahkan juga cairan infuse untuk situasi darurat. Jika tidak bisa ditangani sementara, tim kesehatan sudah bekerjasama dengan Rumah Sakit Santa Ana dan Rumah Sakit Imanuel.

“Untuk hari pertama, dalam rangkaian Vesper Agung, pelayanan terbanyak untuk tim panitia dan tamu yang hadir dari jauh. Kemungkinan mereka kelelahan, jadi kita bantu dengan memberikan vitamin dan obat rutin yang mereka biasa konsumsi tapi lupa membawanya. Keluhan yang muncul seperti tadi ada yang mengatakan tenggorokan gatal, bisa karena kelelahan atau mungkin karena terlalu over menggunakan pita suara untuk latihan menyanyi,” lanjut Dr. Astuti.***
Sampai malam usai Vesper Agung ada enam pasien yang ditangani oleh tim kesehatan dengan keluhan-keluhan umum seperti sakit tenggorokan, pusing, pegal tidak enak badan, dan sebagainya. Itu ditangani dengan pemberian vitamin dan obat standar. Bagi tamu undangan yang Membutuhkan pelayanan kesehatan seperti ini, tim kesehatan selalu bersiap di ruang yang terletak di belakang panggung, di sebelah sekretariat Paroki Telukbetung.***

Berita lain dari Keuskupan

  • All Posts
    •   Back
    • Berita Katolik Dunia
    • Berita Keuskupan
    • Komsos KWI
    • Komisi Keluarga

Keuskupan Tanjungkarang

keuskupantanjungkarang.org adalah website resmi Keuskupan Tanjungkarang yang dikelola langsung oleh Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Tanjungkarang

Kritik, usul, dan saran dapat menghubungi kami melalui komsosktjk18@gmail.com

Lokasi Kantor Keuskupan Tanjungkarang

© 2018-2024 Komsos Tanjungkarang | Designed by Norbertus Marcell

You cannot copy content of this page

Scroll to Top