Metro – Kirab Salib SYD (Sumatra Youth Day) 2020 di Paroki Metro, pada Minggu (12/01/20), berlangsung dengan meriah. Untuk pertama kalinya, salib SYD 2020 berada di Keuskupan Tanjungkarang, diterima oleh OMK Paroki Hati Kudus Yesus, Metro. Uskup keuskupan Tanjungkarang, Mgr Yohanes Harun Yuwono, menerima estafet salib SYD ini dari Keuskupan Pangkalpinang, yang diwakili oleh pastor Toni CS dan beberapa utusan OMK Keuskupan Pangkal Pinang.

Didampingi oleh Komkep Tanjungkarang, pastor Greg Suripto, dan pastor paroki Metro, pastor Amisani, Mgr Harun menerima dengan sukacita Salib SYD berada di Keuskupan Tanjungkarang. Bapak uskup berharap bahwa salib itu sungguh menjadi inspirator bagi orang-orang muda untuk melanjutkan hidup dengan penuh iman dan pengharapan.

Uskup Keuskupan Tanjungkarang, Mgr Yohanes Harun, menerima estafet Salib SYD 2020 dari keuskupan Pangkal Pinang, Metro 12 Januari 2020

Kirab Salib SYD 2020 di Paroki Metro diawali dengan penyambutan Salib yang diiringi dengan tari khas Lampung. Salib itu dibawa oleh utusan dari keuskupan Pangkal Pinang. Mgr Harun menerima salib itu, memberikannya kepada Komkep Tanjungkarang, sebaga symbol OMK Keuskupan Tajungkarang siap menjadi saksi Kristus dalam hidupnya. OMK dari setiap paroki mengikuti perarakan salib SYD 2020 dengan sukacita, tertib, dan setia.

Kirab Salib SYD 2020 mendapat puncaknya dalam perayaan Ekaristi yang dipimpin untuk bapak uskup, didampingi delapan imam konselebran dari berbagai paroki di keuskupan Tanjungkarang. Hadir dalam perayaan ini sembilan ratusan OMK dari seluruh paroki keuskupan Tanjungkarang, beserta dengan umat dari Paroki Metro.

Dalam homilinya, bapak uskup menyampaikan pesan makna pembaptisan: pembersihan dan pembaruan diri. Setiap OMK sudah dibersihkan, maka sudah selayaknya untuk selalu membarui diri dalam cara hidup sebagai orang Katolik. OMK mempunyai peran yang khas dalam Gereja. OMK menjadi masa depan Gereja. Seperti Yesus yang dihinggapi ‘burung merpati’ setelah dibaptis, setiap OMK juga dihinggapi Roh Kudus sebagai daya kekuatan ilahi.

Uskup Keuskupan Tanjungkarang bersama beberapa imam merayakan Ekaristi dalam rangka Kirab Salib SYD 2020 di Paroki Metro

Sementara itu, pastor paroki Metro, rm Amisani dalam sambutannya berharap bahwa OMK yang bertemu itu juga dihinggapi roh cinta. Romo Ami juga berharap, dari sekian banyak OMK yang hadir, ada yang berani mengambil keputusan untuk menjadi imam atau biarawan birawati.

Rangkaian Kirab Salib SYD 2020 dilanjutkan dengan bincang-bincang bersama Uskup dan Komkep Keuskupan Tanjungkarang, di aula Paroki Metro. Dalam pemaparannya, Mgr Harun menguraikan tentang surat apsotolik Paus Fransiskus, yakni  Christus Vivit. Pada bagian akhir, bapak uskup menegaskan apa yang menjadi pesan bapa paus, yakni OMK jangan mudah lemes, lebay, dan putus asa.

Uskup Keuskupan Tanjungkarang, Mgr Yohanes Harun Yuwono, memberikan materi kepada OMK dalam acara Kirab Salib SYD 2020 di paroki Metro, Minggu 12 Jan 2020

Seluruh OMK yang hadir diajak untuk berdinamika bersama, bernyanyi dan menari bersama. Mereka setia mengikuti seluruh proses hingga berakhirnya acara. Mereka diajak untuk merasa bersatu, menjadi bagian dari OMK yang lain, dan OMK adalah KITA. Terlihat bahwa seluruh gerak lagu dan nyanyian diungkapkan dengan semangat dan sukacita. (mrjo.com)

OMK Keuskupan Tanjungkarang berdinamika bersama dalam kirab Salib SYD 2020 di Paroki Metro

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *